cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 2088284X     EISSN : 25805630     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 3 (2020): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika" : 6 Documents clear
Perancangan Media Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Berbasis Serious Game Anang Kukuh Adisusilo
Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 10 No 3 (2020): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/matrix.v10i3.2141

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema sebagai pokok pikiran atau gagasan pokok pembicaraan dengan mengaitkan beberapa mata pelajaran, sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Transfer pembelajaran berbasis tematik ke siswa Sekolah Dasar tidak mengalami kesulitan bagi guru jika dilakukan secara langsung di sekolah. Akan tetapi, pandemi covid-19 pada saat ini menyebabkan digunakannya media pembelajaran online sehingga guru-guru mengalami kesulitan. Kesulitan penyampaian materi tersebut juga dirasakan orang tua yang juga berusaha memberikan pembelajaran berbasis tematik di rumah berdasarkan buku yang diperoleh dari sekolah. Penelitian ini merancang framework pembelajaran berbasis serious game berdasarkan buku tematik Sekolah Dasar dengan tujuan dapat mempermudah guru dalam melakukan pembelajaran jarak jauh serta mempermudah orang tua dalam menyampaikan materi yang terdapat di dalam buku tematik tingkat Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen utama dalam perancangan serious game untuk memenuhi komponen pedagogi dan fun adalah game component, graph design, database design dan fitur design, di mana konsep immersifitas merupakan hal pokok sebagai upaya yang dapat membuat pemain masuk ke dalam suasana permainan dan mendapatkan pengalaman lebih dari permainan tersebut.
Pengaruh Teknologi Informasi Revolusi Industri 4.0 terhadap Perkembangan UMKM Sektor Industri Pengolahan Berlilana Berlilana; Rinda Utami; Wiga Maulana Baihaqi
Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 10 No 3 (2020): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/matrix.v10i3.1930

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia dapat dipengaruhi oleh perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Teknologi baru era industri 4.0 menjadi salah satu penghambat perkembangan UMKM di Indonesia, karena pelaku UMKM tidak memiliki kemampuan untuk mengadopsi teknologi baru. Jika para pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi seperti sistem informasi penjualan, media sosial, dan Google Bisnisku, maka teknologi tersebut akan dapat membantu dalam proses penjualan, pemasaran, dan komunikasi dengan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegunaan teknologi informasi seperti sistem informasi penjualan, media sosial, dan Google Bisnisku yang ada dalam UMKM dan mengetahui pengaruh teknologi informasi tersebut terhadap keberhasilan UMKM Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan UMKM yang sudah menggunakan teknologi seperti Tokopedia, Instagram, dan Google Maps berkembang dengan pesat. Omset dan aset semakin banyak, serta proses komunikasi dengan pelanggan menjadi semakin mudah. Hasil tersebut menandakan bahwa penggunaan teknologi informasi industri 4.0 dapat mempengaruhi perkembangan UMKM sehingga hubungan antara kedua variabel tersebut dapat dikatakan kuat.Pertumbuhan ekonomi di Indonesia dapat dipengaruhi oleh perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Teknologi baru era industri 4.0 menjadi salah satu penghambat perkembangan UMKM di Indonesia, karena pelaku UMKM tidak memiliki kemampuan untuk mengadopsi teknologi baru. Jika para pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi seperti sistem informasi penjualan, media sosial, dan Google Bisnisku, maka teknologi tersebut akan dapat membantu dalam proses penjualan, pemasaran, dan komunikasi dengan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegunaan teknologi informasi seperti sistem informasi penjualan, media sosial, dan Google Bisnisku yang ada dalam UMKM dan mengetahui pengaruh teknologi informasi tersebut terhadap keberhasilan UMKM Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan UMKM yang sudah menggunakan teknologi seperti Tokopedia, Instagram, dan Google Maps berkembang dengan pesat. Omset dan aset semakin banyak, serta proses komunikasi dengan pelanggan menjadi semakin mudah. Hasil tersebut menandakan bahwa penggunaan teknologi informasi industri 4.0 dapat mempengaruhi perkembangan UMKM sehingga hubungan antara kedua variabel tersebut dapat dikatakan kuat.
Analisis Parameter Antena Mikrostrip dengan Metode Split Ring Resonator pada Frekuensi L-Band Dian Rusdiyanto; Catur Apriono; Dian Widi Astuti
Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 10 No 3 (2020): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/matrix.v10i3.2176

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan perancangan antena mikrostrip dengan menggunakan metode split ring resonator (SRR) untuk aplikasi pada frekuensi L-Band. Antena ini mempunyai dimensi substrat 90 mm x 50 mm dengan panjang patch 60 mm dan lebar patch 44 mm. Desain antena menggunakan material FR4-Epoxy dengan spesifikasi konstanta dielektrik 4,6 dengan ketebalan 1,6 mm dan dielectric loss tangent 0,02. Pada penelitian ini, parameter yang mengalami perubahan signifikan adalah lebar patch SRR, gap SRR, dan posisi SRR pada ground plane. Desain patch SRR dengan nilai sepertiga panjang gelombang pada frekuensi 1,5 GHz memenuhi karakteristik dari frekuensi L-Band. Berdasarkan hasil simulasi, antena menghasilkan bandwidth (< -10 dB) sebesar 1,2466 GHz dengan rentang frekuensi 988,25 MHz sampai 2,2349 GHz. Nilai return loss simulasi adalah -36,89 dB. Pada rentang 1 GHz sampai 2 GHz, gain tertinggi berada pada frekuensi 2 GHz dengan nilai 3,5 dBi. Sedangkan gain terendah adalah 1,21 dBi, yaitu pada frekuensi 1,050 GHz. Secara keseluruhan, desain antena ini telah mencapai performa kinerja yang lebih baik melalui modifikasi pada patch SRR.
Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Berbasis Client Server pada PT Arpan Bali Utama di Denpasar Ayu Dwi Setiawati; I Made Dwi Jendra Sulastra
Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 10 No 3 (2020): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/matrix.v10i3.2083

Abstract

PT Arpan Bali Utama sebagai perusahaan industri harus selalu tanggap dengan kebutuhan perusahaannya, dikarenakan produksi perusahaan bergantung pada persediaan yang ada. Pada penelitian ini dilakukan perancangan sistem informasi inventory untuk kegiatan stock opname dan kartu gudang di PT Arpan Bali Utama. Perancangan sistem informasi inventory ini ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pengelolaan data stock opname dan kartu gudang, baik dalam input data maupun komputerisasi laporan stock opname dan kartu gudang. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrogramman Visual Basic for Applications (VBA) dan basis data dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Access 2016. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sistem informasi inventory yang dirancang untuk membantu accounting department dan warehouse dalam melakukan kegiatan stock opname, input data, pencarian data, dan pembuatan laporan stock opname serta kartu gudang. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu accounting department memantau kartu gudang untuk mengetahui mutasi barang di gudang.
Sistem Perekaman Pelat Nomor Mobil pada Palang Pintu Parkir Menggunakan Web Kamera dan Mikrokontroler Wahit Sigit Ismail; Peby Wahyu Purnawan; Indra Riyanto; Nazori Nazori
Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 10 No 3 (2020): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/matrix.v10i3.2066

Abstract

Ilmu dan teknologi pengolahan citra bermanfaat bagi kehidupan, salah satunya ialah membaca dan mengenali nomor pelat kendaraan dengan pengolahan citra sehingga sistem ini dapat mengawasi dan mengetahui kendaraan yang memasuki area parkir. Penelitian ini mencakup pengenalan nomor pelat dengan pengolahan citra untuk sistem otomatisasi palang pintu parkir pada area parker. Hal ini dilakukan dengan mengimplementasikan ilmu pengolahan citra pengenalan pelat nomor kendaraan dan mikrokontroler. Tujuannya adalah mempermudah proses masuk dan keluar pada saat parkir dengan tidak menggunakan sistem secara manual. Terdapat beberapa proses untuk mengenali nomor pelat (license plate recognition, LPR), yaitu proses tangkap gambar nomor pelat mobil (scanning), preprocessing, segmentation, dan pengenalan karakter (object character recognition, OCR). Selanjutnya dilakukan proses pemeriksaan apakah nomor pelat mobil diperbolehkan parkir di area parkir, melalui alur kondisi (ya atau tidak). Seluruh prosedur dengan menggunakan pengolahan citra diterapkan menggunakan metode image processing software. Selanjutnya, untuk mengontrol buka tutup palang pintu parkir digunakan mikrokontroler Arduino Uno, yang diperintah dari PC yang terhubung dengan komunikasi serial. Apabila pelat nomor mobil dapat terbaca oleh kamera dan sensor sebagai mobil yang menggunakan pelat nomor, maka PC mengirimkan karakter “1” ke mikrokontroler dan palang pintu parkir terbuka, jika tidak menggunakan pelat maka palang pintu parkir tidak terbuka, karena PC tidak mengirim karakter “1”. Berdasarkan percobaan dengan 20 sampel tingkat keberhasilan nomor pelat dapat dikenali yaitu 75%. Hasil dari OCR berupa teks yang dimasukkan ke dalam basis data. Dari hasil teks tersebut dilakukan pencocokan pada basis data kemudian diperintahkan ke mikrokontroler untuk membuka palang pintu parkir.
Pembangunan Aplikasi Transaksi Menu Di Kedai XYZ Kopi Menggunakan QR-Code Dan One Time Password Berbasis E-Wallet Fazri Muhamad Kurnia; Irawan Afrianto
Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 10 No 3 (2020): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika
Publisher : Unit Publikasi Ilmiah, P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/matrix.v10i3.1919

Abstract

The payment process using electronic money is a non-cash payment method based on E-Wallet aimed at facilitating users in transact. The transaction process at the coffee shop XYZ is still done conventionally and takes a long time, causing long queues. The research carried out aims to speed up the transaction process at XYZ coffee shops. The method used in this research is prototype. An alternative solution to the transaction process is to utilize the E-Wallet and QR-Code through the customer's smartphone. This study utilizes Go-Pay E-Wallet access as a means of payment through the Midtrans Payment Gateway and uses the One Time Password code as a login method on the system. Qr-code scanning to place orders can be done quickly which is around 3,551 milliseconds. Quessioner results distributed to 20 customers showed the following data, around 90% agreed on the use of e-wallet as an alternative payment, around 87% agreed on the statement of the use of e-wallet was able to reduce the slow transaction process, about 79% agreed to the statement that this system facilitates the transaction process, as well as 79% level of approval of the use of an authentication code through a mobile number that makes it easy to enter the application. The results showed that the system built can speed up the transaction process.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 11 No 2 (2021): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 11 No 1 (2021): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 10 No 3 (2020): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 10 No 2 (2020): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 10 No 1 (2020): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 9 No 3 (2019): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 9 No 2 (2019): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 9 No 1 (2019): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 8 No 3 (2018): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 8 No 2 (2018): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 8 No 1 (2018): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 7 No 3 (2017): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 7 No 2 (2017): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 7 No 1 (2017): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 6 No 3 (2016): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 6 No 2 (2016): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 6 No 1 (2016): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 5 No 3 (2015): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 5 No 2 (2015): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 5 No 1 (2015): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 4 No 3 (2014): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 4 No 2 (2014): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika Vol 4 No 1 (2014): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika More Issue